KUMPULAN ARTIKEL

MOTIVASI

ASKEP

LIFESTYLE

HEALTH

BLOGGING


Kamis, Maret 24, 2016

Tips Memperbanyak ASI

( Keperawatan dan Kesehatan)
Bagi seorang ibu yang sedang menyusui, produksi air susu yang banyak diharapkan dapat memenuhi kebutuhan bayinya, sehingga berbagai upaya dilakukan untuk memperbanyak produksi ASI. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi ASI. Faktor tersebut ialah : 
1. Rangsangan otot-otot buah dada. 
2. Keteraturan anak atau bayi menghisap.
3. Keadaan ibu.
4. Makanan dan pola istirahat ibu.


1. Faktor rangsangan 
Agar produksi ASI lancar, memerlikan rangsangan pada otot-otot buah dada agar kelenjar buah dada bekerja lebih efektif. Otot-otot buah dada terdiri dari otot-otot polos, dengan adanya rangsangan otot-otot akan berkontraksi lebih baik dan kontraksi ini diperlukan dalam laktasi. Untuk memperbanyak ASI dengan sendirinya dapat diusahakan dengan memberi rangsangan lebih banyak pada otot buah dada, misalnya dengan massage atau mengurut buah dada, atau menyiram dengan air hangat dan dingin bergantian. 

2. Faktor isapan anak. 
Pengisapan anak mempunyai peranan penting dalam produksi ASI, karena memiliki pengaruh dalam prngeluaran hormon pituitrin. Isapan anak akan merangsang otot polos yang terdapat dalam buah dada. Untuk berkontraksi yang kemudian merangsang susunan syaraf sekitarnya dan meneruskan rangsangan ke otak. Otak akan memerintahkan kelenjar hipophyse bagian belakang untuk mengeluarkan pituitrin lebih banyak, hingga kadar hormon estrogen dan progesteron yang masih ada kadarnya menjadi lebih rendah. Dengan adanya pengeluaran pituitrin yang lebih banyak, akan mempengaruhi kuatnya kontraksi otot polos pada buah dada dan uterus. Kontraksi otot polos buah dada berguna untuk pembentukan ASI, sedangkan kontraksi otot polos pada uterus berguna untuk mempercepat ovulasi. Jadi karena faktor isapam anakemegang peranan dalam pembentukan ASI, maka salah satu usaha untuk memperbanyak ASI dengan menyusui anak dengan teratur, lebih sering sehingga rangsangan terjadi lebih banyak. 

3. Faktor keadaan ibu. 
Untuk dapat menghadilkan ASI yang cukup, keadaan ibu harus sehat, sehat jasmani dan rohani. Kesehatan ibu memegang peranan dalam produksi ASI. Hal ini jelas karena pembentukan bahan-bahan yang diambil dari ibu. Bila ibu tidak dapat mensuply bahan karena rubuh tidak sehat, input makanan kurang atau kekurangan darah untuk membawa zat makan.

 4. Faktor Makanan
 Dalam pembentukan air susu ibu, sel-sel acini membutuhkam bahan-bahan yang diambil dari ibu, ibu dapat memberikan bahan-bahan yang dibutuhkan sel avini bila ia mendapat input yang cukup untuk kebutuhannya sendiri dan kebutuhan pembemtukan ASI. Dengan demikian makanan mempunyai pengaruh besar terhadap pembentikan ASI. Karena ASI di buat dari zat-zat makanan yang cukup kuantitas dan kualitasnya yang mencukupi untuk kebutuhannya sendiri, pertumbuhan janin dan persiapan laktasi. 

Semoga bermanfaat...

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar