KUMPULAN ARTIKEL

MOTIVASI

ASKEP

LIFESTYLE

HEALTH

BLOGGING


Selasa, Maret 15, 2016

Apa dan Bagaimana untuk mengetahui Ca Cervix

( Keperawatan dan Kesehatan)
Cancer Cervix merupakan penyakit maligna ketiga., yang ditemui pada wanita, setelah cancer payudara dan cancer endometrium. Telah diselidiki bahwa 2 % dari wanita yang berusia diatas 40 tahun mempunyai peluang untuk terjadi cancer cervix. Akan tetapi usia yang biasanya terdiagnosa ca cervix yaitu wanita usia 45 tahun keatas. Namun penyakit ini juga terjadi pada wanita berusia 20 tahun dan pada wanita hamil. Dari semua kasus ca cervix tahap awal, sekitar 95 % penyakit tersebut dapat sembuh atas bantuan terdeteksinya cancer tersebut lebih dini dan penanganan yang tepat. 

Cancer Cervix yaitu suatu proses keganasan yang terjadi pada cervix, dimana pada keadaan ini terdapat sekelompok sel yang abnormal yang terbentuk oleh sel-sel jaringan yang tumbuh secara terus-menerus dan tidak terbatas, tidak terkoordinasi dan tidak berguna bagi tubuh sehingga jaringan disekitarnya tidak dapat melaksanakan fungsinya sebagaimana semestinya. Biasanya keadaan tersebut disertai dengan adanya perdarahan dan pengeluaran cairan vagina yang abnormal, dan penyakit ini dapat terjadi berulang.

Etiologi dan Epidemiologi
Penyebab dari cancer tidak diketahui, namun faktor predisposisinya sudah diketahui
Faktor predisposisinya tersebut yaitu aktifitas seksual yang dini, aktifitas seksual yang aktif, pasangan seksual yang berganti-ganti, infeksi virus, serta kebersiham genital yang buruk.
Insiden terjadinya camcer cervix ini masih tinggi di negara-megara berkembang yang mungkin diakibatkan oleh ekonomi sosial yang rendah.
Insiden penyakit ini rendah pada wanita yang nulipara dengan aktifitas seksual yang tidak begitu aktif dan pada wanita yang memiliki pasangan yang telah disirkumsisi dan pada kelompok wanita yang mempunyai kebersihan genital yang cukup baik.
Proses perkembangan ca cervix berjalan lambat, pada kasus ca cervix yang terbanyak mungkin diawali dengan perubahan dysplastik yang sedikit demi sedikit menjadi progresif. 
Dalam jangka waktu 7 - 10 tahun menjadi bentuk preinvasif, carsinoma insitu, yang diawali dengan pase preinvasif berkembang menjadi invasif pada area sub jacut stroma dari cervix

Ca cervix akan menyebar secara infiltrasi ke jaringan-jaringan dan bermetastase melalui pembuluh darah dan limpe. Hati adalah organ yang paling terinvasi melalui aliran darah. Metastase dapat juga mengenai daerah paru-paru, otak, tulang, kelenjar adrenal dan pangkreas.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar