KUMPULAN ARTIKEL

MOTIVASI

ASKEP

LIFESTYLE

HEALTH

BLOGGING


Jumat, Oktober 15, 2010

Tangkal Flu Dengan Kekebalan Tubuh



Penyakit flu dan pilek, meski terlihat serupa, tapi sebetulnya berbeda. Baik flu maupun pilek, disebabkan oleh jenis virus yang berbeda, dan berbeda pula dampaknya. Flu, jauh lebih berat dari pilek. Tak sedikit orang yang menemui ajalnya karena mengidap flu seperti flu burung.
Sedangkan pilek, meski tidak membahayakan, tapi cukup menggangu produktivitas Anda. Sebabnya, Anda terpaksa bulak-balik ke toilet untuk sekadar membersihkan ingus yang bertengger di hidung Anda. Atau, tangan Anda tak henti-hentinya menjamah bagian hidung, untuk mengusir rasa gatal atau sekadar mencoba melancarkan untuk bernapas.

Virus pilek dan flu, mudah beredar pada saat udara menjadi dingin. Jika pertahanan tubuh Anda tidak baik, Anda mudah terserang oleh virus ini. Sebab itu, sebelum Anda melancong ke udara dingin, pastikan bahwa Anda mengkonsumsi makanan yang cukup, air putih, dan jus buah. Ini akan membantu menjaga vitalitas tubuh Anda.
Sebetulnya, seseorang yang mudah terserang virus pilek dan flu, tidak memiliki sistem imun atau kekebalan tubuh yang baik. Sebab itu, penting untuk meningkatkan sistem imun di dalam tubuh, yakni dengan memperbanyak asupan sayur-mayur dan bebuahan berwarna cerah seperti bayam, strawberry, dan wortel. Ini karena, jenis makanan yang kaya dengan vitamin A, C dan E ini, dapat meningkatkan nutrien esensial dan anti oksidan. Untuk fit, tak cukup hanya mengkonsumsi sayuran dan bebuahan, Anda juga harus mengkonsumsi padi-padian, yang mengandung vitamin B6. Kandungan protein dalam makanan juga dapat menghasilkan zat-zat yang dapat melawan infeksi di dalam tubuh. Sebab itu, jangan ‘siksa’ diri dengan hanya mengasup jenis-jenis makanan tertentu.
Anda tahu mengapa olahraga diwajibkan dalam kurikulum sekolah? Ini karena olahraga yang teratur dapat meningkatkan fungsi imun, dan menguatkan ketahanan terhadap pilek dan infeksi. Usai berolahraga, jumlah sel-sel imun yang beredar di dalam darah jauh lebih banyak dibanding biasanya, dan ini bisa mengenyahkan pelbagai virus dan bakteri yang sedang membayangi tubuh. Ya, berolahragalah selama 45 menit per hari, atau lima hari per minggu.
Hal-hal yang Membahayakan Imun:
• Bertengkar dengan pasangan. Pertengkaran jangka pendek memang tidak begitu berpengaruh, tetapi pertengkaran besar atau dendam terpendam tampaknya bisa melemahkan sistem pertahanan tubuh Anda. Karena perselisihan itu merangsang pengeluaran hormon stres yang menurunkan imunitas.
• Diet. Mengkonsumsi protein rendah bisa mengurangi kemampuan tubuh untuk mengganti angkatan pembasmi infeksi dari sistem imun. Diet rendah karbohidrat juga sering rendah nutrien-nutrien penting untuk meningkatan imunitas seperti vitamin B6 dan magnesium.
• Kehidupan Seks yang terlalu Aktif. Melakukan hubungan seks 3 kali atau lebih per minggunya bisa menurunkan fungsi imun. Kabar baiknya: pasangan yang melakukan hubungan seks 1 atau 2 kali tiap minggunya akan meningkatkan imunitasnya.
• Merokok. Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa mereka para perokok, yang filter kuman di saluran hidungnya cenderung rusak beresiko tinggi terserang pilek dan flu, termasuk komplikasinya seperti bronchitis.
• Tinggal di lingkungan yang sangat kering. Jika Anda tinggal di daerah yang sangat kering, bantu mengembalikan kelembaban udara dengan menggunakan humidifier air dingin.
Bila Artikel ini berkenan bagi AndaSilahkan DownLoadDisini

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar