KUMPULAN ARTIKEL

MOTIVASI

ASKEP

LIFESTYLE

HEALTH

BLOGGING


Jumat, Oktober 15, 2010

SISTEM KEKEBALAN TUBUH

Pengertian
Sistem kekebalan tubuh (imunitas) adalah sistem mekanisme pada organisme yang melindungi tubuh terhadap pengaruh biologis luar dengan mengidentifikasi dan membunuh patogen serta sel tumor. Sistem ini mendeteksi berbagai macam pengaruh biologis luar yang luas, organisme akan melindungi tubuh dari infeksi, bakteri, virus sampai cacing parasit, serta menghancurkan zat-zat asing lain dan memusnahkan mereka dari sel organisme yang sehat dan jaringan agar tetap dapat berfungsi seperti biasa.


Jenis – jenis Sistem Kekebalan Tubuh
I. Kekebalan Nonspesifik (Kekebalan tubuh bawaan/Kekebalan tubuh alami)
Kekebalan tubuh nonspesifik adalah bagian dari tubuh kita yang telah ada sejak kita lahir.
Ciri-cirinya :
1. Sistem ini tidak selektif, artinya semua benda asing yang masuk ke dalam tubuh akan diserang dan dihancurkan tanpa seleksi
2. Tidak memiliki kemampuan untuk mengingat infeksi yang terjadi sebelumnya

Komponen-komponen yang mampu menangkal benda masuk ke dalam tubuh, yakni :
A1. Rintangan Mekanis.
Rintangan mekanis merupakan system pertahanan tubuh yang pertama dan umumnya terletak di bagian permukaan tubuh terdiri atas :
o Kulit
o Selaput Lendir
o rambut-rambut halus

A2. Rintangan Kimiawi
Hasil Sekresi berperan untuk membunuh benda asing dengan menggunakan zat kimia dan enzim.
(Kesimpulan di atas: Bakteri yang terdapat di permukaan tubuh ( bakteri nonpatogen ) : Berfungsi untuk menekan pertumbuhan bakteri patogen yang akan masuk ke dalam tubuh).


B. Sel darah Putih
merupakan system pertahanan tubuh kedua. Apabila benda asing berhasil melewati system pertahanan pertama dan masuk ke dalam tubuh,maka sel darah putih akan mencegah benda asing masuk lebih jauh lagi ke dalam tubuh. Sel darah putih akan menghancurkan setipa benda asing yang masuk ke dalam tubuh dengan cara fagositosis.
Komponen-komponen nya antara lain :
• Sel Natural Killer.
Merupakan sel pertahanan yang mampu melisis dan membunuh sel-sel kanker serta sel tubuh yang terinfeksi virus sebelum diaktifkanya system kekebalan adaptif. Sel ini membunuh dengan cara menyerang membrane sel target dan melepaskan senyawa kimia preforin.
• Protein Komplemen
merupakan protein darah yang berfungsi membantu system pertahanan sel darah putih.Protein komplemen membantu system kekebalan tubuh dengan cara :
1. Menghasilkan opsonin ,kemotoksin, dan kinin.
Opsonin untuk mempermudah terjadinya fagositosis. Kemotoksin berfungsi sebagai penarik sel darah putih menuju ke infeksi , sedangkan kinin untuk meningkatkan permeabilitas pembuluh darah.
2. Berperan dalam proses penghancuran membrane sel mikroorganisme yang menyerang tubuh.
3. Menstimulasi sel darah putih agar menjadi lebih aktif.

• Interferon
Sel yang berperan dalam mensekresikan sekumpulan protein saat tubuh kita terserang virus. Interferon akan bertindak sebagai antivirus dan bereaksi
sengan sel yang belum terinfeksi oleh virus. Interferon juga dapat merangsang limfosit untuk mengahncurkan dan membunuh sel-sel yang terinfeksi virus.

II. Kekebalan tubuh spesifik (kekebalan adaptif/Kekebalan tubuh buatan)
Kekebalan tubuh spesifik adalah system kekebalan yang diaktifkan oleh kekebalan tubuh nonspesifik dan merupakan system pertahanan tubuh yang ketiga.
Ciri-cirinya :
• Bersifat selektif terhadap bendaasing yang masuk ke dalam tubuh.
• Sistem reaksi ini tidak memiliki reaksi yang sama terhadap semua jenis benda asing
• Memiliki kemampuan untuk mengingat infeksi sebelumnya
• Melibatkan pembentukan sel-sel tertentu dan zat kimia ( antibody )
• Perlambatan waktu antara eksposur dan respon maksimal

Salah satu usaha manusia untuk menjadikan individu kebal terhadap suatu penyakit. Imunisasi terbagi 2, yaitu :
• Imunisasi aktif : Diperoleh karena tubuh secara aktif membuat antibody sendiri.
1. Imunisasi aktif Alami : Kekebalan yang Diperoleh seseorang setelah sembuh dari sakit tertentu.
2. Imunisasi Aktif Buatan
• Imunisasi merupakan pemberian mikroorganisme yang telah mati atau dilemahkan ke dalam tubuh manusia supaya tubuh membentuk antibody
• Melibatkan pembentukan antibody di dalam tubuh sebagai respon terhadap masuknya antigen tertentu ke dalam tubuh .
• Bertujuan untuk merangsang tubuh agar membentuk antibody yang dapat mengaktifkan system kekebalan tubuh.
• Dilakukan dengan pemberian vaksin ke dalam tubuh

• Imunisasi Pasif : kekebalan yang didapat dari pemindahan antibody dari suatu individu ke individu lainnya.
1. Imunisasi Pasif Alami.
Terjadi pada bayi dalam kandungan, dimana antibody sang ibu akan masuk ke dalam tubuh bayi melalui plasenta,dan ASI pertama.
2. Imunisasi Pasif Buatan
Kekebalan yang diperoleh dengan memasukkan antibody/serum yang telah kebal penyakit yang dilakukan melalui suntikan. Tujuanya adalah untuk memberikan kekebalan tubuh secepatnya karena tubuh penerima tidak memiliki banyak waktu untuk membentuk antibody.

• Tips Cara Meningkatkan Kekebalan Tubuh
Lebih baik mencegah daripada mengobati. Itu adalah kata-kata yang pasti disetujui oleh orang-orang normal yang senang dan menikmati kesehatan tubuhnya. Sehat adalah anugerah tuhan yang maha esa yang tidak ternilai harganya.
Salah satu yang bisa menangkal serangan penyakit pada tubuh kita adalah sistem kekebalan tubuh yang secara alami kita miliki. Dengan menigkatakan ketahanan tubuh dan mempertahankannya maka badan kita pun akan terhindar dari berbagai penyakit yang akan menyerang. Apabila kondisi kekebalan tubuh sedang menurun, maka penyakit pun akan mudah menyerang tanpa banyak perlawanan dari sistem kekebalan tubuh kita. Berikut ini adalah beberapa tips :
1. Istirahat cukup
2. Hindari kebiasaan merokok
3. Makan makanan yang bergizi dan cukup
4. Rajin membersihkan diri
5. Hindari penggunaan obat-obatan yang salah

• Makanan Peningkat Antibodi, Antara Lain :
1. Bawang putih
bahan aktif nya allicin bereperan sebagai antivirus dan anti bakteri. Zat ini dapat membersihkan liver sehingga pada gilirannya akan membersihkan darah serta merangsang sel darah putih
2. Jahe
mengandung sejumlah zat penting yang dapat menghangatkan tubuh, membuat badan berkeringat, mengatasi demam dan menetralisir racun. Jahe juga memicu pelepasan lendir dan efektif untuk melegakan pernafasan dan saluran paru. Jahe juga sering digunakan sebagai obat sakit perut karena fungsi nya sebagai pembersih.
3. Madu
cairan ini adalah antibiotik alami sekaligus sebagai antiseptik, juga mengandung zat pemacu kekebalan tubuh serta beragam vitamin dan mineral. Madu juga mengatasi problem tenggorokan, alergi, asma dan masalah pernafasan lainnya berkat kemampuannya mengatasi iritasi.
4. Sayuran hijau
seperti bayam, dapat meningkatkan kekebalan tubuh.
5. Tomat
Dapat membersihkan hati dan darah kita juga dapat mencegah beragam penyakit seperti gusi berdarah, rabun senja, penggumpalan darah, usus buntu, kanker prostat, dan kanker payudara.

6 Pepaya
Dapat membantu memecah serat makanan dalam sistem pencernaan, membuat lancar saluran pencernaan makanan dan dapat menanggulangi atau mengobati luka infeksi dan menghilangkan alergi.
7 Pisang
Dapat mengurangi asam lambung, menjaga keseimbangan air dalam tubuh dan dapat mengobati gangguan pada lambung, penyakit jantung dan stroke, stress, menurunkankadar kolesterol dalam darah.
8 Mangga
Bertindak sebagai desinfektan, membersihkan darah, mengobati bau badan, menurunkan panas tubuh saat demam.
9 Strawberry
Sebagai antioksidan, dan mengobati gangguan kesehatan pada kandung kemih.
10 Apel
Menurukan kolesterol dalam darah, mengurangi nafsu makan yang terlalu besar juga sebagai antioksidan.
11 Jeruk
Anti kanker bagi tubuh, mengobati sariawan, menurunkan resiko terkena kardiovaskular, kanker, dan katarak.
12 Jambu Biji
Sebagai antioksidan, menurunkan kolesterol darah, mengobati infeksi, sariawan, memperlancar peradaran darah dan saluran cerna, mencegah konstipasi.
13 Pear
Sebagai antioksidan, menurunkan panas tubuh, mengencerkan dan menghilangkan dahak pada batuk berdahak.

Bila Artikel ini berkenan bagi AndaSilahkan DownLoadDisini

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar