KUMPULAN ARTIKEL

MOTIVASI

ASKEP

LIFESTYLE

HEALTH

BLOGGING


Selasa, Januari 12, 2010

Osteoporosis dan penanganannya


Osteoporosis adalah suatu penyakit yang ditandai dengan berkurangnya massa tulang dan adannya kelainan mikroarsitektur jaringan tulang yang berakibat meningkatnya kerapuhan tulang serta risiko terjadinya patah tulang, hal ini terjadi karena proses pengeroposan yang dilakukan oleh sel tulang osteoklast tidak di ikuti oleh proses pembentukan yang cukup, kepadatan massa tulang akan mencapai puncaknya pada usia 20 akhir, atau 30 awal baik wanita atau pria, dan sangat dipengaruhi oleh faktor genetik, lingkungan, nutrisi yang baik serta pola hhdup dan latihan fisik. Setelah usia 30 -an, massa tulang berkurang secara bertahap. Bila osteoporosis telah terjadi, masalah yang timbul adalah:


  1. Nyeri.

  2. Patah tulang punggung.

  3. Perubahan bentuk.

  4. Osteoporosis lanjut.


Pengobatan Osteoporosis dapat diobati dengan terapi hormonal atau obat bisfosfonat yang berfungsi menghambat kerja osteoklast.

Upaya pencegahan :

  1. Mengkonsumsi Kalsium cukup, baik dari makanan sehari-hari ataupun dari tambahan kalsium. Kandungan kalsium dalam makanan standar berkisar antara 300 mg, makanan kaya kalsium diantaranya susu, keju, yogurt, sayuran hijau, jeruk, shelfish. Diet tinggi protein hewani dapat menyebabkan kehilangan kalsium bersama urin.

  2. Exercise. Latihan fisik harus mempunyai unsur pembeban pada tubuh atau anggota gerak, seperti jogging, jalan, aerobik. Latihan berlebihan yang berpengah thd gangguan menstruasi sangat tidak dianjurkan karena dapat meningkatkan kehilangan massa tulang.

  3. Hindari faktor yang dapat menurunkan absorpsi kalsium, seperti merokok,minum alkohol, obat yang menyebabkan osteoporosis.


Bila Artikel ini berkenan bagi Anda
Silahkan DownLoad

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar