KUMPULAN ARTIKEL

MOTIVASI

ASKEP

LIFESTYLE

HEALTH

BLOGGING


Rabu, Januari 06, 2010

MANAJEMEN KEPERAWATAN




Manajemen merupakan proses bekerja dengan dan melalui orang lain untuk mencapai tujuan organisasi dalam suatu lingkungan yang berubah. Manajemen juga merupakan proses mengumpulkan dan mengorganisir sumber-sumber dalam mencapai tujuan (melalui kerja orang lain) yang mencerminkan kedinamisan organisasi. Arah tujuan yang harus dicapai ditetapkan berdasarkan misi, filosofi, dan tujuan organisasi.


Proses manajemen meliputi kegiatan mencapai tujuan organisasi melalui perencanaan organisasi, pengarahan, dan pengendalian sumber daya manusia, fisik, dan teknologi. Karena itu semua perawat yang terlibat dalam manajemen keperawatan dianggap perlu untuk memahami misi, filosofi, dan tujuan pelayanan keperawatan serta kerangka konsep kerja.

Manajemen keperawatan mempunyai lingkup manajemen operasional yang merencanakan, mengatur dan menggerakkan para karyawannya untuk memberikan pelayanan keperawatan yang sebaik-baiknya kepada pasien melalui manajemen asuhan keperawatan. Agar dapat memberikan pelayanan keperawatan kepada pasien diperlukan suatu standar yang akan digunakan baik sebagai target maupun alat pengontrol pelayanan.

Dibandingkan dengan system kesehatan pada masa lalu dimana focus pelayanan kesehatan masih bersifat kuratif, berdasarkan perkembangan ekonomi dan upaya perluasan teknologi yang bersifat kompetitif, maka focus system kesehatan pada masa kini dan mendatang adalah berupa system pelayanan kesehatan yang multi dimensional, berorientasi pada masyarakat melalui penggunaan teknologi tinggi yang memacu konsumerisme tetapi dilandasi oleh peraturan kesehatan.

Sesuai dengan perkembangan maka dalam manajemen keperawatan masa kini dan mendatang telah terjadi ekspansi peran dan fungsi keperawatan yang tadinya ditekankan pada sentralisasi kewenangan dan tanggung jawab yang menimbulkan pengetatan fungsi pengendalian dan pengawasan, menjadi desentralisasi yaitu adanya pendelegasian wewenang dan tanggung jawab yang lebih memfokuskan pada kegiatan koordinasi, integrasi, dan penunjang.

A. PENGERTIAN MANAJEMEN KEPERAWATAN

Manajemen diartikan secara singkat sebagai proses untuk melaksanakanpekerjaan malalui upaya orang lain maka manajemen keperawatan sendiri diartikan secara singkat sebagai proses pelaksanaan pelayanan keperawatan melalui staf keperawatan untuk membrikan asuhan keperawatan, pengobatan, dan rasa aman kepada pasien, keluarga, masyarakat (Gilies, 1982 hal 1).

Manajemen keperawatan adalah suatu tugas khusus yang harus dilaksanakan oleh pengelola keperawatan untuk merencanakan, mengorganisasi, mengarahkan serta mengawasi sumber-sumber yang ada baik sumber daya maupun dana sehingga dapat memberikan pelayanan keperawatan yang efektif baik kepada pasien, keluarga dan masyarakat.
Proses dari manajemen keperawatan sesuai dengan pendekatan system terbuka, dimana masing-masing komponen saling berhubungan dan berinteraksi dan dipengaruhi oleh lingkungan. Karena merupakan suatu system, maka akan terdiri dari 5 elemen yaitu; input, proses output, control dan feedback mechanism.


Bila Artikel ini berkenan silahkan
DownLoad File Disini

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar