KUMPULAN ARTIKEL

MOTIVASI

ASKEP

LIFESTYLE

HEALTH

BLOGGING


Minggu, November 29, 2009

Yang Perlu Anda Ketahui Tentang Vertigo

Vertigo merupakan suatu gejala subjektif, istilah yang digunakan masing-masing orang bisa berbeda-beda, tergantung pada asal-usul bahasa dan persepsinya, seperti pusing, melayang dan sebagainya.
Jika pasien dengan jelas mengatakan bahwa pusing adalah rasa berputar dan terbalik-balik, keluhan ini disebut sebagai vertigo vestibular dan dapat dipastikan secara diagnostik, dan jika tidak maka termasuk golongan non-vestibular dan tidak disebut sebagai vertigo, tetapi sebagai dizzines.

Selasa, November 24, 2009

DIABETES MELITUS


Diabetes Melitus ialah penyakit gangguan metabolisme terutama karbohidrat yang disebabkan kekurangan hormon insulin absolut maupun relatif dengan segala akibatnya pada multi organ. Kejadian DM didunia 1 - 2 % penduduk, sebelum ditemukan insulin sering ditemukan penyulit akut dan sangat jarang ditemukan penyulit kronis, hal ini dikarenakan penderita sudah meninggal sebelum terjadi penyulit kronis. Akhir-akhir ini penyulit akut dapat diatasi dan dicegah, sehingga penderita DM dapat hidup lebih lama dan timbul penyulit kronis seperti retinopati, neropati dan nepropati.

Senin, November 23, 2009

PENCEGAHAN DAN PERAWATAN DECUBITUS

Decubitus atau luka baring adalah luka karena penekanan terus menerus pada suatu tempat yang sama dan biasanya terdapat pada daerah tonjolan tulang.
Seala metaboisme sel normal, maka hal tersebut tergantung pada nutrisi yang didapat. Pembuangan sisa metabolisme dan setiap kondisi yang mempengaruhi pertukaran yang berdampak pada fungsi sel misalnya gangguan sirkulasi darah pada penekanan kulit daerah antara tulang dan tempat tidur sebagi subjek, sering terdapat decubitus yang ditandai dengan perubahan warna kerusakan kulit dan kemudian terdapat luka yang sangat mudah terinfeksi.

Cara Efektif Menyosialisasikan Blog

Meskipun tidak seluwes web atau situs, blogbisa dioptimalkan untuk memasarkan produk jasa atau barang. Persoalannya, bagaimana cara efektif agar blog kita mudahdikenali dan kemudian dikunjungi banyak orang.
Berikut adalah cara atau trik yang banyak digunakan para bloger untuk menyosialisasikan blog mereka :

Minggu, November 22, 2009

ASUHAN KEPERAWATAN PADA PASIEN DENGAN OBSTRUKSI SALURAN PENCERNAAN

Patofisiologi
• Ketika obstruksi saluran pencernaan terjadi, gelombang peristaltic proksimal meningkat pada daerah obstruksi dalam usaha untuk menggerakkan isi dari daerah obstruksi.
• Gelombang peristaltic ini menghasilkan suara perut dengan nada tinggi.
• Peristaltik berhenti, ketika cairan dan gas berkumpul di belakang daerah obtsruksi, seperti ditemukan pada Ilues Paralitic.
• Distensi abdomen yang berasal atau disebabkan pembengkakan usus, menekan paru-paru akan membuat tekanan diafragma melemah.

Kamis, November 19, 2009

PERAWATAN PADA PASIEN EVAKUASI DENGAN PESAWAT

Untuk dapat memberikan rasa nyaman kepada pasien selama evakuasi berlangsung, diperlukan pengetahuan mengenai beban-bebn dan bahaya-bahaya dalam penerbangan. Banyal usaha yang dapat dilakukan dengan memanfaatkan keadaan khusus dari pasien melalui peralatan yang ada dan merekayasanya untuk mencapai kebutuhan.

PERSPEKTIF PERAWATAN ANAK

Konsep :
1. Anak tidak dianggap sebagai miniature dari orang dewasa tetapi sebagai
individu yang unik.
2. Sebagai individu unik mempunyai kebutuhan khusus dan berbeda dengan anak lain
sesuai tahap perkembangan.
3. Orientasi bukan pada pengobatan anak sakit tetapi pada pencegahan penyakit dan
peningkatan kesehatan,
4. Perawat tidak hanya merawat anak sakit tapi bertanggung jawab secara komprehensif

Minggu, November 15, 2009

PENANGANAN PASIEN DENGAN TETANUS

Pengertian Tetanus :
Yaitu infeksi spesifik yang disebabkan oleh Closteridium tetani, yaitu bakteri yang bisa membentuk spora yang untuk pertumbuhannya memerlukan kondisi yang an-aerobic (tidak mengandung oksigen).
Jadi sangat penting diingat jika menghadapi pasien dengan luka yang dalam, terutama jika terdapat jaringan mati sebagai media yang baik untuk pertumbuhan kuman.

CUCI TANGAN YANG EFEKTIF

Pentingnya Mencuci Tangan

Kulit adalah benteng pertahanan pertama dari tangan anda dari organisme pathogen. Selama kulit itu utuh, kulit juga tidak tertembus oleh virus seperti HIV, Hepatitis dan sebagainya, sehingga perawatan dan hygiene kulit sangat penting. Memelihara supaya tangan anda tetap bersih adalah sangan penting untuk mencegah infeksi silang.

Sabtu, November 14, 2009

Prosedure Pemasangan Infus



Pengertian : Adalah memasukkan cairan ( obat atau makanan ) dengan tetesan dalam jumlah yang banyak dan waktu yang lama ke dalam vena dengan menggunakan perangkat infuse ( infuse set ) secara tertetes.

Tujuan :
1. Sebagai pengobatan
2. Mencukupi kebutuhan tubuh akan cairan dan elektrolit.
3. Sebagai makanan untuk pasien yang tidak dapat / tidak boleh makan melalui mulut.

Indikasi pemasangan infuse pada pasien :
1. Dehidrasi.
2. Syock.
3. Intoksikasi berat.
4. Pro dan pasca operasi.
5. Sebelum transfuse darah.
6. Yang tidak bisa makan / minum melalui mulut.
7. Yang memerlukan pengobatan tertentu.

Persiapan alat-alat :
1. Infus set steril.
2. Cairan infuse yang dibutuhkan.
3. Bidai dan balutan bila perlu.
4. Tiang infuse dan gantungan botol.
5. Plester dan gunting.
6. IV Chateter sesuai ukuran.
7. Veca C (plester kusus untuk infuse).
8. Jam tangan untuk menghitung tetesan permenit.
9. Alat tulis untuk mencatat.

Cara bekerja :
1. Memeberitahu dan menjelaskan pada pasien mengenai prosedur yang akan dilakukan.
2. Membawa alat-alat ke dekat pasien.
3. Membuka pakaian pada daerah yang akan dipasang infuse.
4. Bentangkan alas dibawah anggota badan yang akan dipasang infuse.
5. Gantungkankan botol cairan pada tiang infuse.
6. Gunakan sarung tangan.
7. Hapus hamakan tutup botol infuse dengan kapas alcohol.
8. Buka set infuse, pasang pada botol infuse.
9. Buka klem penjepit, alirkan cairan melalui slang infuse hingga penuh sampai bebas dari udara, kemudian jarum infuse dan klem ditutup.
10. Anggota badan yang akan diinfus di bendung (stuwing) dengan menggunakan karet pembendung sehingga vena terlihat jelas.
11. Mengsterilkan kulit dengan menggunakan kapas alcohol.
12. Menusukkan jarum infuse (IV Chateter/Abbocath) ke dalam vena dengan lobang jarum mengarah keatas. Bila darah mengalir kedalam Abbocath menandakan jarum tepat masuk kedalam vena. Karet pembendung di lepas kemudian klem dilonggarkan untuk melihat kelancaran cairan infuse mengalir.
13. Hitung tetesan cairan sesuai kebutuhan.
14. Fixasi pangkal Abbocath dengan Veca-C/plester. Sebelumnya beri bethadine terlebih dahulu.
15. Pasang bidai bila perlu.
16. Rapihkan pasien.
17. Bereskan alat-alat.
18. Mencatat : nama pasien, no. kamar, tanggal dan jam pemberian, macam dan jumlah cairan yang diberikan, jumlah tetesan permenit, tanggal dan jam berakhirnya pemberian cairan,nama perawat yang melaksanan perasat, nama dokter yang memberikan instruksi
19. Mencuci tangan.


Yang harus diperhatikan :
1. sterilisasi dalam tindakan agar tidak terjadi infeksi.
2. Reaksi pasien selama 15 menit pertama setelah pemasangan infuse. Jika ada reaksi timbul, infuse harus segera di stop, kemudian lapor kepada penanggung jawab / dokter sambil menunggu instruksi selanjutnya.
3. Tetesan harus lancer sesuai instruksi.
4. Cairan infuse tidak boleh sampai kosong agar udara tidak masuk ke dalam set infuse.
5. Pada botol infuse yang menggunakan jarum udara, pada waktu mengganti botol infuse, jarum udara harus ditusukkan terlebih dahulu.

Kondisi berbahaya bila :
1. Emboli udara.
2. Infeksi.
3. Edema paru-paru.
4. Trauma vena yang dapat mengakibatkan haematoma.


Apabila Artikel ini berkenan bagi Anda
Silahkan DonwLoad
Disini

Jumat, November 13, 2009

PENGHASIL DOLLAR TIDAK REPOT & GRATIS

Mungkin anda pernah mendengar tentang Cashfiesta
Cashfiesta adalah program untuk mendapatkan dollar dengan cara menampilkan iklan di internet yang paling mudah aplikasinya. Dan kita pun tidak perlu bersusah payah mengklik sana sini untuk mendapatkan point. Tapi memang point-nya cukup tinggi untuk mendapatkan dollar. Promosi bulan ini, 1000 point (sekitar 1 jam online) anda akan dibayar $1-$2.

Kamis, November 12, 2009

Menangani Luka dengan tindakan yang tepat

Bagaimanakah sebaiknya membersihkan luka?.Untuk masyarakat awam mereka kadang masih menggunakan cara tradisional dengan berbagai macam cara, ada dengan memakai cairan yang berasal dari keong atau cara tadisional lainnya, dan bila sudah terjadi infeksi atau luka tidak sembuh barulah mereka mencari Layanan Kesehatan untuk penanganan lebih lanjut
Ada beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk membersihkan luka.