KUMPULAN ARTIKEL

MOTIVASI

ASKEP

LIFESTYLE

HEALTH

BLOGGING


Kamis, November 12, 2009

Menangani Luka dengan tindakan yang tepat

Bagaimanakah sebaiknya membersihkan luka?.Untuk masyarakat awam mereka kadang masih menggunakan cara tradisional dengan berbagai macam cara, ada dengan memakai cairan yang berasal dari keong atau cara tadisional lainnya, dan bila sudah terjadi infeksi atau luka tidak sembuh barulah mereka mencari Layanan Kesehatan untuk penanganan lebih lanjut
Ada beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk membersihkan luka.


Cara terbaik untuk membersihkan luka irisan, goresan, atau luka tusukan (seperti tertusuk paku) adalah dengan cairan NaCl. Peganglah daerah luka kemudian basuh luka dengan Cairan NaCl yang mengalir dari atas sampai ke bagian bawah dari luka. Gunakan sabun dan kain lap halus untuk membersihkan kulit daerah sekitar luka. Ingat, cobalah untuk menjaga agar sabun tidak mengenai luka itu sendiri karena sabun dapat menyebabkan iritasi yang dapat memperburuk kondisi luka. Gunakan penjepit yang telah dibersihkan dengan isopropyl alcohol untuk mengeluarkan kotoran-kotoran yang masih ada didalam luka setelah dilakukan pemcucian atau pembersihan luka.

Bahkan jika memang diperlukan gunakan cairan pembersih yang lebih kuat seperti hydrogen peroxide atau antiseptic, tetapi cairan-cairan tersebut mungkin berbahaya dan dapat menyebabkan iritasi. Jadi sebaiknya tanyakan kepada dokter jika memang anda harus menggunakan sesuatu cairan pembersih selain dari air.

Bagaimana dengan perdarahan yang terjadi?. Perdarahan yang terjadi dapat membantu membersihkan luka luar yang terjadi. Kebanyakan pada luka dengan irisan kecil atau goresan perdarahan akan berhenti dengan sendirinya dalam waktu pendek. Luka pada daerah wajah, kepala atau mulut terkadang timbul perdarahan yagn banyak karena daerah-daerah tersebut banyak terdapat pembuluh darah.

Untuk menghentikan perdarahan yang terjadi,bisa dilakukan penekanan secara langsung dengan tekanan yang lembut pada luka dengan menggunakan kain bersih, tissue atau dengan kain kasa yang halus. Jika darah meresap menembus kain, tissue atau kasa, lakukanlah penekanan pada luka dan jangan melepaskannya. Yang anda lakukan hanyalah menambahkan lebih banyak kain, kasa atau tissue diatasnya dan lakuakan penekanan lebih pada daerah tersebut.

Jika luka terdapat pada daerah lengan atau kaki, maka angkatlah kaki atau tangan dan posisikan agar luka berada diatas posisi jantung, hal ini dapat membantu mengurangi, melambatkan bahkan menghentikan perdarahan.

Dan bila dilakukan tindakan Cross Incisi, ada persiapan-persiapan yang harus dilakukan, antara lain :

PERSIAPAN ALAT STERIL :
1. Pinset anatomi
2. Pinset chirurge
3. Gunting
4. Scalpel
5. Bisturi
6. Arteri klem
7. Bengkok
8. Kom kecil
9. Kassa
10. Kapas
11. Hand scoen
12. Spuit
13. NaCl
14. Cairan H2O2
15. Duk Bolong

BAKI/POLEY BERISI ALAT NON STERIL :
1. Gunting balutan
2. Plester
3. Verban
4. Obat desinfektan dalam tempatnya (bethadine)
5 Tempat sampah
6. Lidokain injeksi sebagai anasthesi
7. Antibiotik Salep


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar